Sabtu, 31 Maret 2012

4 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan | Tips Mengenali Gejala Kanker Payudara

4 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan | Tips Mengenali Gejala Kanker Payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti kaum wanita karena bisa menyebabkan kematian jika telat mendiagnosa. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenali gejala awal kanker payudara. Seperti yang dikutip dari msn, berikut empat gejala kanker payudara yang sering tak disadari.
1. Rasa Gatal, Sakit dan Payudara Memerah

Adanya ruam pada kulit atau rasa panas saat menyentuh payudara merupakan tanda-tanda kanker payudara inflamasi (KPI), penyakit yang jarang dan mematikan namun tidak terlalu dikenal. KPI dapat menyebabkan payudara membengkak, iritasi serta timbulnya rasa nyeri. Selain itu KPI juga menyebabkan kulit memerah bahkan ungu seperti memar. Awalnya KPI disertai dengan rasa pegal seperti saat pra-menstruasi (PMS) dan gatal seperti terkena alergi. Namun kedua rasa tersebut tidak bisa hilang dalam waktu dekat.

2. Sakit Punggung Bagian Atas

Meskipun tak banyak, namun ada beberapa kasus kanker payudara yang diawali dengan gejala sakit punggung. Biasanya rasa sakit tersebut terdapat pada area punggung atas atau diantara tulang belikat. Sakit punggung ini hampir sama seperti nyeri otot, tendon atau osteoartritis tulang belakang, jadi cukup sulit untuk membedakannya. Hal ini terjadi akibat kanker yang mendorong dinding dada ke arah tulang rusuk dan tulang belakang.

3. Adanya Perubahan Pada Puting Payudara

Salah satu lokasi kanker payudara yang paling umum adalah di bawah puting. Oleh karena itu, jika puting Anda berubah bentuk atau warna ada baiknya segera memeriksakan hal tersebut ke dokter. Selain bentuk dan warna, puting berdarah, berair atau kulit sekitar puting menjadi bersisik, bisa menjadi beberapa gejala kanker payudara.

4. Berubahnya Bentuk dan Ukuran Salah Satu Payudara

Tidak semua kanker menimbulkan benjolan yang cukup besar. Seorang wanita di California mengetahui bahwa ia menderita kanker payudara setelah melihat bahwa bentuk salah satu payudaranya menjadi lebih lonjong, rendah dan agak mencuat ke satu sisi.

Salah satu cara yang paling baik untuk mengetahui perubahan payudara Anda adalah dengan mengenal bentuk dan penampilannya dengan baik. Duduk menghadap cermin dan perhatikan perbedaannya. Anda juga bisa mengetahuinya jika salah satu cup bra terasa sangat ketat sedangkan yang lain tidak.

Wolipop.com

4 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan, Tips Mengenali Gejala Kanker Payudara, Kenali Bentuk dan Penampilan Payudara dengan Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar